Penguatan Kompetensi Guru melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah di CLC Indonesia, Kinabalu, Malaysia

Kinabalu, Malaysia | Pengembangan kompetensi guru adalah aspek krusial dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Di Community Learning Centre (CLC) Indonesia di Kinabalu, Malaysia, terdapat tantangan besar terkait kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah yang berkualitas. Karya ilmiah menjadi salah satu indikator penting kompetensi profesional guru, yang memengaruhi kenaikan pangkat dan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas.

Di CLC Indonesia Kinabalu, para guru mengalami berbagai hambatan dalam menulis karya ilmiah. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam menulis karya ilmiah yang sesuai dengan standar publikasi. Banyak guru yang belum familiar dengan struktur dan format penulisan ilmiah yang tepat, serta cara mengidentifikasi dan merumuskan masalah pembelajaran dalam konteks penelitian. Selain itu, keterbatasan akses terhadap sumber bacaan ilmiah, seperti jurnal akademik, menghambat kemampuan guru untuk mendapatkan informasi yang diperlukan dalam penulisan karya ilmiah. Motivasi untuk berkompetisi dalam penulisan ilmiah juga masih rendah, yang berdampak pada minimnya publikasi hasil penelitian.

Untuk mengatasi tantangan tersebut, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) telah menyelenggarakan pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru di CLC Indonesia Kinabalu. Tim PkM yang terdiri dari Riana Nurhayati, S.Pd., M.Pd., Fitriana Tjiptasari, SIP., M.A., dan Evi Rovikoh Indah Saputri, S.Pd., M.Pd., memiliki keahlian di bidang penulisan ilmiah dan pendidikan. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran di kelas, merumuskan solusi berbasis penelitian, serta menyusun karya ilmiah yang siap dipublikasikan.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai proses penulisan ilmiah, mulai dari penyusunan proposal penelitian, pelaksanaan penelitian, hingga penulisan laporan hasil penelitian. Peserta akan diajarkan teknik penulisan yang efektif, pemilihan metodologi yang tepat, serta cara menulis artikel yang memenuhi standar jurnal akademik. Selain itu, pelatihan ini juga akan menyediakan akses ke sumber bacaan ilmiah dan fasilitas pendukung lainnya untuk membantu guru dalam proses penulisan.

Melalui pelatihan ini, diharapkan setiap peserta dapat menghasilkan satu draf Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang siap dipublikasikan. Diharapkan pula, jumlah publikasi hasil PTK oleh guru di jurnal pendidikan meningkat, sehingga berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Luar Negeri Kinabalu. Pelatihan ini juga bertujuan untuk mendorong guru agar lebih aktif dalam mengembangkan dan mempublikasikan karya ilmiah mereka, serta meningkatkan motivasi untuk berpartisipasi dalam kompetisi penulisan ilmiah.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan kendala yang selama ini dihadapi oleh guru dapat teratasi. Guru akan menjadi lebih siap dan termotivasi untuk menulis dan mempublikasikan karya ilmiah berkualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan CLC Indonesia Kinabalu. Pelatihan ini merupakan langkah konkret dalam mendukung profesionalisme guru di luar negeri, khususnya di Kinabalu, Malaysia, dan merupakan upaya penting dalam memperkuat kapasitas akademik dan profesionalisme mereka.