E-MONEV PRODI S2 KEBIJAKAN PENDIDIKAN

.

E-Monev Prodi S2 KP

  1. Kinerja Awal Semester
  1. Partisipasi

Tingkat partisipasi mahasiswa yang mengisi e-monev sebesar 77,78% (tinggi) dan skor rerata 4,72 (sangat baik).

  1. Hasil E-Monev Perkuliahan

Dari emonev awal semester prodi S2 KP telah diperoleh hasil kinerja yang sangat baik dengan rerata skor 4,69. Skor tersebut sedikit lebih tinggi dari perolehan skor rerata keseluruhan prodi (4,64).

Walaupun demikian, kinerja masih harus ditingkatkan untuk memproleh skor yang lebih tinggi. Aspek tiga terendah yang masih perlu ditingkatkan adalah:

No

Aspek penilaian

Skor

1

Kejelasan tata tertib (aturan kehadiran, etika, sanksi) dalam proses perkuliahan

4,08

2

Kejelasan tentang cara penilaian hasil pembelajaran

4,64

3

Kejelasan tentang aspek/komponen penilaian

4,65

Prodi Kebijakan Pendidikan menyatakan kepuasan terhadap seluruh aspek dari layanan akademik mahasiswa dengan total rerata 3,6 (sangat memuaskan). Mahasiswa Prodi Kebijakan Pendidikan menunjukkan penilaian terhadap kepuasan layanan akademik paling tinggi di antara semua Prodi S2. Pada item aspek aspek keramahan layanan (emphaty) dan aspek kepastian layanan (assurance) skor 3,7 (sangat memuaskan). Akan tetapi sebaliknya dengan aspek daya tanggap (responsiveness) paling rendah dibandingkan dengan prodi lainnya yaitu 3,4. Terdapat beberapa respon kualitatif yang disampaikan mahasiswa, namun masih bersifat umum, yakni menyatakan bahwa layanan sudah baik dan perlu meningkatkan layanan terutama pembelajaran hybrid.

  1. Rekomendasi:

Kinerja dosen perlu ditingkatkan lagi terutama untuk memberikan kejelasan tata tertib pada awal perkuliahan

  1. Kinerja akhir semester
  1. Partisipati

Tingkat partisipasi mahasiswa yang mengisi e-monev adalah 100% (sangat tinggi) dengan nilai rerata 4,69 (sangat tinggi).

  1. Hasil E-Monev Terendah

Adapun tiga aspek terendah di bawah rerata yang masih harus ditingkatkan adalah:

No

Aspek penilaian

Skor

1

Penggunaan teknologi up to date dalam perkuliahan

4,59

2

Kelengkapan bahan ajar yang digunakan dosen

4,61

3

Variasi pemberian tugas dan penilaian oleh Dosen

4,64

  1. Rekomendasi:

Dosen perlu meningkatkan kinerjanya dengan memperhatikan tiga aspek di atas sehingga skor penilaian dari mahasiswa dapat meningkat. Dosen perlu dilatih kembali untuk menggunakan teknologi up to date dalam perkuliahan.